100 Years of Tattoos

100 Years of Tattoos

B. Arab anak yang selalu optimis bahwa segalanya akan berhasil menunjukkan perilaku ...

anak yang selalu optimis bahwa segalanya akan berhasil menunjukkan perilaku ...

Sikap Optimis merupakan sikap orang yang selalu berpengharapan (berpandangan) baik dalam menghadapi segala hal. Sedangkan Sikap Pesimis merupakan sikap orang yang bersikap atau berpandangan tidak mempunyai harapan baik (khawatir kalah, rugi, celaka, dan sebagainya) serta orang yang mudah putus harapan.

يَا بَنِيَّ اذْهَبُوا فَتَحَسَّسُوا مِنْ يُوسُفَ وَأَخِيهِ وَلَا تَيْأَسُوا مِنْ رَوْحِ اللَّهِ ۖ إِنَّهُ لَا يَيْأَسُ مِنْ رَوْحِ اللَّهِ إِلَّا الْقَوْمُ الْكَافِرُونَ

Artinya : Hai anak-anakku, pergilah kamu, maka carilah berita tentang Yusuf dan saudaranya dan jangan kamu berputus asa dari rahmat Allah. Sesungguhnya tiada berputus asa dari rahmat Allah, melainkan kaum yang kafir". ( Qs. Yusuf : 87 )

Berikut beberapa contoh sikap pesimis dan optimis, antara lain :

( Sikap Pesimis )

a. Selalu merasa tidak ada harapan ketika mengalami cobaan dan ujiaan.

b. Sikap menyerah dalam mengerjakan tugas – tugas dan ulangan yang diberikan oleh Guru maupun dosen karena merasa tidak sanggup.

c. Memilih untuk tidak ikut pemilu karena merasa tidak akan ada perubahan bagi bangsa Indonesia.

d. Sikap putus asa karena diberikan kekurangan oleh Allah SWT, padahal dibalik kekurangan senantiasa ada kelebihan yang dimiliki.

e. Memilih beralih ke dunia pergaulan bebas, rokok, miras, bahkan narkoba karena merasa ia tidak bisa beradaptasi dengan kehidupan yang layak dan senormalnya.

( Sikap Optimis )

a. Yakin dan percaya bahwa disetiap musibah dan ujian selalu ada kenikmatan yang menunggu.

b. Senantiasa berharap atas rahmat dan pertolongan Allah SWT disegala masalah, musibah, dan ujian.

c. Ikut serta aktif menjadi peserta Pemilu karena yakin walaupun banyak pejabat yang merugikan rakyat tetap saja pasti ada pejabat yang mau mensejahterakan rakyat.

d. Mengerjakan ujian dengan kemampuan sendiri merupakan sikap optimis.

e. Walaupun menerima banyak kekurangan oleh Allah SWT seperti buta, tangan yang tidak lengkap, kaki yang hanya satu, dsb, namun selalu bersyukur atas nikmat dan rahmat yang Allah berikan kepadanya.

[tex]\colorbox{thistle}{ \color{maroon}{ \boxed{\color{lightyellow} answer \: by \: hennyprasasti }}} [/tex]

Jawaban:

riya (sombong)

Penjelasan:

[answer.2.content]